Rabu, 12 Desember 2012

Tentang Sherlock Holmes




Nah, pernahkah kalian mendengar cerita atau novel "Sherlock Holmes"? Berikut ini akan saya ulas hal-hal yang saya telah baca tentang tokoh karya Sir Arthur Conan Doyle yang sudah melegenda ini.

Sherlock Holmes adalah sosok detektif fiksi dari Inggris sekitar abad 18. Tinggal di 221B Baker Street sejak tahun 1881-1904. Dalam menangani sebuah kasus biasanya ia ditemani sahabatnya, Dr. John H. Watson. Holmes menyebut dirinya sebagai 'detektif konsultan', detektif yang dimintai tolong ketika suatu kasus terlalu sulit dan tidak bisa dipecahkan bahkan oleh detektif-detektif lain. Ada beberapa kebiasaan Holmes yang ditentang Watson, seperti sering menggunakan morfin dan kokain ketika Holmes menganggur dari kasus atau menggunakan pintu di kamarnya sebagai sasaran tembak. Dengan alasan melatih kemampuan membidik, Holmes membuat pola huruf VR dengan pelurunya.

Ia selalu membanggakan kemampuannya didepan klien dengan menebak dengan tepat kepribadian-kepribadian, kebiasaan, pekerjaan atau hal-hal yang baru saja dialami kliennya hanya dengan memperhatikan cara klien berpenampilan dan gerak-geriknya. Kemampuannya inilah yang berhasil membuat kliennya dan tentu saja saya sangat takjub dengan kemampuannya menganalisis. Namun ada pula klien yang merasa tersinggung karena masalah pribadinya dapat dengan mudah diungkap dan diketahui oleh Holmes.

Sir Arthur Conan Doyle mendasarkan penciptaan tokoh Holmes atas gurunya di Fakultas Kedokteran Universitas Edinburg, seorang ahli bedah yang sangat berbakat dan seorang detektif forensik Joseph Bell, yang mana ilmu forensik menjadi ilmu yang masih baru pada waktu itu. "Holmes" dinamakan atas Oliver Wendell Holmes yang sangat dikagumi oleh Conan Doyle, dan atas atlet kriket Inggris yang bernama Sherlock (sebelumnya saya mengira Sir Arthur Conan D. sengaja mengambil nama Sherlock karena tokohnya akan menjadi kunci yang akan membuka kebenaran yang tersembunyi/terkunci yang dalam bahasa Inggris adalah 'Lock')

Holmes mempunyai seorang kakak bernama Mycroft Holmes, yang muncul di 3 cerita, Penterjemah Yunani, Kasus Terakhir, dan Rencana Bruce-Partington. Holmes menghabiskan tahun-tahunnya bersama sahabatnya, Dr. Watson hingga Dr. Watson menikah dengan Mary Morstan pada tahun 1890. Disisi lain, Holmes memiliki sosok perempuan yang memikat hatinya, yakni Irene Adler. Berbeda dari perempuan kebanyakan, Irene digambarkan sebagai seorang perempuan yang cerdik, anggun, mandiri, bahkan ahli menyamar. Ia bahkan mampu mengalahkan kemampuan menganalisis Holmes dalam beberapa kemunculannya dalam novel. Beberapa seri buku Sherlock Holmes yang memunculkan tokoh Irene adalah: Sherlock Holmes The Game of Passion, A Scandal in Bohemia, A Case of Identity, The Adventure of The Blue Carbuncle, The Five Orange Pips, dan His Last Bow.

Terima kasih sudah membaca! Semoga info yang saya ulas bermanfaat! ^-^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oh Yeah Line Smiley