Kamis, 17 Januari 2013

Bangun Datar Pemikiran


            Ketika beberapa pemikiran bertabrakan, setiap pemikir memiliki argumen bahwa yang ia pikirkan adalah benar. Kenapa bisa demikian? Karena cara melihat beberapa orang tersebut terhadap suatu perkara adalah dari sisi yang berbeda.
            Ibaratkan sebuah bangun balok, atau limas, atau silinder misalnya. Bila kita melihat dari sisi depan dengan atas, atau belakang dengan bawah, yang kita temukan adalah sudut yang berbeda, sisi yang berbeda, luas yang berbeda, dan sebagainya, dan sebagainya.
            Maka kemampuan melihat sebuah bangun dengan lebih luas, dengan melihat dari berbagai sisi, akan lebih terlihat sebuah ‘kenyataan’. Kenyataan yang luput dari apa yang sudah kita simpulkan sebelum mengamati keseluruhan sisi bangun sebuah masalah tersebut.
            Memang tidak mudah, tapi berusahalah! Orang bodoh mungkin memiliki kesulitan ketika berusaha memecahkan essai fisika. Tapi orang bodoh itu akan dapat mengalahkan orang pintar yang sibuk meremehkannya bila ia mau rajin berusaha. Bukan karena dia ‘BEJO’ a.k.a ‘BERUNTUNG’. Tapi karena ia bertekad baik. Sebab keberuntungan bukan kita yang menentukan kapan akan datang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Oh Yeah Line Smiley